Memilih Tas Gunung kadang membuat bingung, Baca Tips tips-nya

Bagi kaum wanita, pekerjaan memilih tas yang cocok untuk dibawa mendaki gunung bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena begitu banyak tas gunung dijual dengan beragam ukuran dan model. Hal ini tentunya membuat anda bingung menentukan tas gunung mana yang mau dibeli.

Carrier atau Tas Gunung dirancang untuk memberikan kenyaman pada bagian tubuh pengguna seperti bagian pundak, punggung, pinggang, dan ketiak. Hal ini membuat beragam produsen mulai melakukan percobaan untuk menciptakan Carrier yang nyaman untuk pengguna. Tetapi kebanyakan system kenyaman yang di rancang untuk tas carrier tidak semuanya di ciptakan untuk pengguna wanita.

Jadi bagaimana cara terbaik memilih atau membeli Tas Carrier untuk wanita ?

Pertimbangkan Ukuran Tas

Kapasitas merupakan hal yang sangat penting saat kamu memilih carrier. Kesalahan dalam memilih ukuran tas akan membuat kamu sangat tidak nyaman. Jadi pertama, mulailah berfikir seberapa lama kamu akan bepergian. Jika kamu adalah seorang backpaker yang angin-anginan, carrier dengan kapasitas 28L-35L sudah cukup untuk melakukan pendakian 2 hari 1 malam. Tapi kalau kamu adalah seorang backpaker yang sering melakukan pendakian dan diharuskan membawa peralatan kelompok seperti tenda dan peralatan masak, sepertinya kamu butuh kapasitas 40L-60L yang memiliki ruang cukup besar untuk menampung tenda, nesting, logistik, dll. Kamu juga bisa memilih model carrier yang memiliki Extra ukuran pada Head atau kantong tas.

Sesuaikan Letak Sabuk Tas

Menyesuaikan letap Sabuk atau Strap pada tas carrier merupakan hal kedua yang harus kamu perhatikan. Usahakan memilih tas dengan Strap atas lebih tinggi dari Payudara agar pernafasan kamu tidak terganggu dalam pendakian dan juga Strap Pundak yang jaraknya tidak terlalu jauh antara kiri dan kanan. Selain Strap atas, sebaiknya kamu memilih tas dengan Strap Pinggul yang posisinya lebih rendah dari pinggang agar Strap atau Sabuk bisa menggenggam pinggul dengan baik.

Pilih Resleting yang Bisa Dikunci atau Kantung Tersembunyi

Kamu bisa memilih Tas dengan 2 buah Resleting yang bertemu dan bisa dikunci, dengan begini kamu ngak perlu takut barang – barang di dalam carrier kamu dicuri. Gunakan gembok – gembok kecil dengan desain – desain yang menarik dan kuat, biasanya banyak terdapat di toko – toko Outdoor. Selain itu, kamu juga bisa memilih tas yang memiliki resleting atau kantung tersembunyi yang bisa menyimpan barang – barang penting seperti dompet atau dokumen. Walau hal diatas tidak menutup pencurian terjadi, tetapi dalam beberapa kasus tips ini bisa menangkal barang – barang kamu dicuri.

Bahan Bantalan Tas

Bantalan Tas terdiri dari bantalan pundak, pungung, pinggang, dan kepala. Pilih tas carrier yang memiliki bantalan empuk dengan rongga dan sirkulasi udara baik sehingga bantalan nyaman dan mudah kering saat terkena air.

Harga Tas Carrier

Bayangkan kamu adalah tas carrier dengan ukuran 45L yang sedang dalam sebuah perjalanan dengan maskapai penerbangan atau Bis Umum. Kamu akan ditempatkan di dalam ruang penyimpanan yang sangat kotor dan buruk. Jadi kamu tidak boleh mudah sobek, harus tahan dengan udara panas, dan tentunya ruangan kotor. Bukan berarti kamu adalah tas dengan harga yang sangat mahal, tetapi berfikir bahwa kamu adalah bukan tas murahan yang akan diisi dengan barang – barang berharga dan menjadi satu – satunya sahabat manusia yang setiap saat berada di sampingnya.

Setelah kamu mengikuti Tips diatas, tentunya kamu sudah bisa mempertimbangkan seperti apakah perjalanan yang akan kamu tempuh. Rentang berat yang baik adalah 5kg (untuk perjalanan ultra-light), 10kg (untuk perjalanan standart, dan 15kg ( untuk perjalanan jangka panjang )

src
jelajahgunung.com
Previous
Next Post »