Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Jalur pendakian gunung merbabu via suwanting memang jarang didengar oleh para pendaki, ya karena jalur pernah ditutup dan dibuka kembali oleh warga dan pendakian jalur ini belum lama dibuka pada bulan Maret tahun 2015 ini

Nah basecamp Suwanting sendiri terletak di dusun suwanting desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang yang jaraknya sekitar 4 km dari Gardu pandang Ketep.

Untuk dapat kesini dari Jalan magelang cukup ikuti petunjuk ke arah wisata KETEP , dari ketep kita terus sampai kira-kira 7 menit akan ada petunjuk Desa Suwanting petunjuk itu ada di pertigaan kecil di kanan jalan dan kita tinggal ikuti petunjuknya dan sampai lah di basecamp Suwanting ini.

BASECAMP - POS 1
kita akan melewati jalan setapak cor Dari basecamp ke pos 1 kita akan melewati perkebunan warga dan jalanya lumayan landaiselanjutnya kita akan melewati kebun sayuran warga dan selanjutnya kita akan disuguhi keindahan hutan pinus yang menawan waktu tempuh sekitar (30-60 menit)

POS 1 - POS 2
Masih terdapat hutan pinus setelah melewati hutan pinus kita akan melewati beberapa lembah ,semakin terjal perjalanan sekitar (60-120 menit)

POS 2 - POS 3
melewati banyak lembah salah satu lembah terakhir adalah lemba Manding disitu dipercayai warga kampung suwanting agar kita mengucapkan salam terlebih dahulu dan dilarang mengeluh saat di lemba manding karena warga percaya jika kita mengeluh disitu juga kita akan semakin sakit atau berat dan kita juga harus have fun dalam perjalanan.

Selepas Lemba Manding, medan makin menantang, tanjakan curam dengan kemiringan 40-55 derajat.

Harus ekstra hati-hati. 40 menit dari Lemba Manding, kami sampai di selter berikutnya, yaitu Dampo Awang. Selter ini, bisa digunakan untuk peristirahatan sementara. Kalau pun mau mendirikan tenda, selter ini hanya bisa menampung maksimal 2 tenda. perjalanan sekitar (120-140 menit)

Ditanjakan dibawah pos 3 terdapat saluran mata air yang dapat kita minum/masak

Teman-teman bisa membangun tenda di pos 3

POS 3 - PUNCAK
setelah mendirikan tenda dan kami mulai memasak untuk mengisi perut saat akan menuju puncak langsung/atau keesokan harinya.

Medan jalur dari Pos III menuju Puncak didominasi oleh sabana dengan tetap menyusuri punggungan bukit. Menurut penduduk setempat punggungan bukit itu berjumlah 9. Menurut kepercayaan penduduk setempat legenda nama Kenteng Songo, sebagai puncak tertinggi Merbabu berasal dari jalur ini. Kenteng berarti bukit. Maka ada 9 bukit. Nama kentang songo berarti bukit yang kesembilan. Kami tidak banyak beristirahat dan membuang waktu. Target golden sunrise mesti tercapai. Kami hanya berhenti untuk mengatur nafas. Misalkan kami nekat berhenti lama, pasti akan kedinginan karena terpaan angin yang cukup kencang. Perjalanan sekitar (120-140 menit)

KALKULASI WAKTU
Base camp – Pos I, Lemba Lempong : 30 menit.
Pos I – Pos II, Lemba Mitoh : 60 menit.
Pos II – Selter Lemba Manding : 60 menit.
Lemba Manding – Selter Dampo Awang : 30 menit.
Dampo Awang – Pos III, Swanting : 30 menit.
Pos III – Puncak : 120 menit

Jadi perjalanan sekitar 4-5 jam, tergantung fisik, dan kondisi jalur pendakian.

TEMPAT CAMP
Di pos 2, antara pos 2-3 dan pos 3

SUMBER AIR
Sebelum pos 1 dan sebelum pos 3

TIPS PENDAKIAN

Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
Latihan fisik seminggu sebelum hari H
Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
Untuk pendakian Merbabu kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG MERBABU
Nama: Gunung Merbabu
Ketinggian: 3.142 m (10.630 kaki)
Lokasi: Magelang (barat), Semarang (utara), Boyolali (timur) , Salatiga (Selatan), Jawa Tengah
Letusan terakhir: 1560 dan 1797
Pengelola: Taman Nasional Gunung Merbabu
Alamat: Jl. Merbabu no.136 Boyolali, Jawa Tengah – Indonesia
Phone : +62 276 3293341
Website: http://merbabunationalpark.org
email : info[at]merbabunationalpark.org
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit,
Sumber air: Ada di jalur Wekas (Pos 2)
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna: elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, dan lain-lain.
Hutan: Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung